BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi terjadi begitu cepat
dengan tingkat persaingan yang tinggi. sehingga mengharuskan perusahaan atau
organisasi berupaya meningkatkan kualitas yang disertai dengan peningkatan
kemampuan sumber daya.
Keberadaan
perpustakaan seharusnya juga mendapat perhatian agar selalu dikembangkan
sejalan dengan perkembangan teknologi supaya tidak ketinggalan dan dapat terus
menjalankan peran dan fungsinya. Bahkan sebagai ukuran perkembangan
perpustakaan
saat ini banyak diukur dari penerapan teknologinya, bukan dari skala ukuran
lain seperti besarnya gedung yang digunanakan, jumlah koleksi atau jumlah
penggunanya. Penerapan teknologi
informasi di perpustakaan dapat difungsikan dalam berbagai bentuk, antara lain
sebagai Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan. Adapun fungsi ini sering
diistilahkan sebagai bentuk Automasi Perpustakaan.
1.2
Rumusan
masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka dapat diambil rumusan masalah
adalah
bagaimana ” menganalisa dan merancangsistem informasi perpustakaan berbasis client-server”.
1.3
Manfaat
Penelitian
Adapun
manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah:
1. Membantu
pengawasan dan mengevaluasi peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan.
2. Dapat
menghindari kehilangan data anggota perpustakan, di karenakan dalam system
informasi kita sudah menggunakan database sebagai media penyimpanan data.
1.4
Metode
Penelitian
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu suatu
metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi,
suatu system pemikiran, ataupun suatu peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari
penelitian Deskriptif ini adalah untuk
membuat deskripsi gambaran atau lukisan secara sistematis factual dan
akurat mengenai fakta-fakta dan
sifat-sifat hubungan antar fenomena yang diselidiki.
1.5
Metode
Pengembangan Perangkat Lunak
Metode
yang digunakan untuk menganalisa dan merancang
system ini yaiut metode Object
Oriented. Yaitu suatu strategi pembangunan perangkat lunak yang
mengorganisasikan perangkat lunak sebagai kumpulan objek yang berisikan data
dan operasi yang diberlakukan terhadapnya, atau suatu cara bagaimana system
perangkat lunak dibangun melalui pendekatan objek secara sistematis.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1
Pengertian
Sistem Informasi
Sistem
informasi didefinisikan sebagai sekumpulan komponen yang saling berhubungan,
mengumpulkan, dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan
keputusan dan pengawasan dalam organisasi. (Loudon , 2007)
Istilah
sistem informasi mengarah pada penggunaan teknologi komputer di dalam
organisasi untuk menyajikan informasi kepada pemakai. Sistem informasi berbasis
komputer adalah kumpulan perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak (
software) yang dirancang untuk mengubah data menjadi informasi yang bermanfaat.
(Bodnar, dan Hopwood, 2005 )
Sistem
informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan
teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan sebuah
organisasi. (Alter, 1992 ).
Dari
beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah
kumpulan dari prosedur kegiatan yang memproses data sedemikian rupa sehingga
dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat agar dapat digunakan oleh setiap
orang dalam mengambil suatu keputusan yang tepat.
Gambar
3.1: Proses Data Menjadi Informasi Sumber
2.2
Pengertian
Perpustakaan
Perpustakaan
diartikan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan
lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan
pembaca bukan untuk dijual ( Sulistyo, Basuki ; 1991 ).
Ada
dua unsur utama dalam perpustakaan, yaitu buku dan ruangan. Namun, di zaman
sekarang, koleksi sebuah perpustakaan tidak hanya terbatas berupa buku-buku,
tetapi bisa berupa film, slide, atau lainnya, yang dapat diterima di
perpustakaan sebagai sumber informasi. Kemudian semua sumber informasi itu
diorganisir, disusun teratur, sehingga ketika kita membutuhkan suatu informasi,
kita dengan mudah dapat menemukannya.
2.3
Pengertian
Client-server
Client-server
adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima
yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server
adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi,
data, dan keamanannya.
2.4
Analisa
Dan Perancangan
2.3.1
Analisis
Sistem
Analisis
sistem adalah penguraian dari suatu system yang utuh ke dalam bagian-bagian
komponennya. Setelah melakukan penelitian terhadap sistem lama yang sedang
berjalan maka didapatkanlah masalah-masalah pada sistem yang lama untuk
dievaluasi dan merancang suatu sistem yang baru agar dapat mengatasi
masalah-masalah yang terjadi pada sistem lama tersebut.
2.3.1.1
Analisis
Sistem Lama
Pengelolaan
data anggota pada perpustakaan masih menggunakan pembukuan manual, hal ini
megurangi efesiensi waktu dalam pelayanan, apalagi ketika proses peminjaman dan
pengembalian buku secara banyak yang mengakibatkan atrian anggota yang lama.
Sistem
seperti ini juga memungkinkan data yang dikelola atau disimpan bisa saja hilang,
seperti tercecer. Salah satu kelemahan sistem lama yaitu masih bersifat manual,
belum secara komputerisasi dalam hal penginputan atau memasukkan data, hal ini
akan mempersulit bagian perpustakaan atau petugas saat membuat laporan data
buku yang perlu di tambah kedepannya.
2.3.1.2
Analisis
Sistem Baru
Pada
sistem baru ini akan dirancang Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan. Dengan
adanya aplikasi ini maka data anggota dan data buku akan di simpan di database
mySQL. Tujuannya adalah untuk memudahkan pegawai dalam mengelola data buku,
terutama dalam psoses peminjaman, pengembalian,update,cetak ulang kartu dan
hapus serta pencarian data. Selain itu petugas dapat dengan langsung menginput
data tambahan anggota baru dan tambahan buku baru pada Aplikasi Sistem
Informasi tersebut dan otomatis menyimpannya pada database yang hanya ada di
komputer staff database/admin. Pada sistem ini staff maupun pimpinan akan lebih
cepat dan efisien dalam mengakses data anggota maupun data buku yang ingin di
review.
2.3.2
Perancangan
2.3.2.1
Use
Case Diagram
2.3.2.2
Class
Diagram
2.3.2.3
Squence
diagram Login
2.3.2.4
Sequence Diagram Input Buku
2.3.2.5
Sequence
Diagram Pencarian Data Buku
2.3.2.6
Sequence
Diagram Input Data Anggota
2.3.2.7
Sequence
Diagram Transaksi Peminjaman
2.3.2.8
Sequence
Diagram Transaksi Pengembalian
2.3.2.9
Activity Diagram (Petugas)
2.3.2.10
Activity
Diagram ( Anggota)
2.3.2.11
Relasi
antar tabel
DAFTAR PUSTAKA
4.
https://ardibay89.wordpress.com/server-dan-multi-user/pengertian-istilah-client-server/,
29 Desember 2016
5.
http://eprints.binadarma.ac.id/298/1/skripsi%20ANALISIS%20DAN%20PERANCANGAN%20PERPUSTAKAAN%20DIGITAL%20DAN%20SISTEM%20OTOMASI%20PERPUSTAKAAN%20SMA%20NEGERI%203%20PALEMBANG.pdf,
29 Desember 2016
bagus gan
ReplyDelete