Monday 23 November 2015

Mengubah Resolusi Layar Rendah Pada Notebook Di Windows 8


 
Kali ini saya akan bagikan sebuah tutorial penting bagi yang menggunakan windows 8 namun resolusi Pc-nya tidak mendukung windows 8. Windows 8 dengan fitur Modern UI yang baru memiliki berbagai aplikasi Metro, baik bawaan maupun yang dapat di-install dari App Store, tetapi sobat memerlukan resolusi layar minimal "1024 x 768 " untuk menjalankannya. Jika sobat memiliki layar dengan resolusi rendah seperti pada standar netbook "1024 x 600 " dan sobat mencoba untuk membuka aplikasi Metro dari Layar Start,sobat tidak akan dapat menjalankannya dan malah mendapatkan pesan error berikut :

 Hasil gambar untuk Mengubah Resolusi Layar Rendah Pada Notebook Di Windows 8

Pada gambar diatas maksud dari tulisannya adalah resolusi yang digunakan terlalu rendah. Setelah saya lihat resolusi pada notebook yang saya gunakan ternyata resolusinya "1024 x 600" sedangkan windows 8 hanya mendukung resolusi "1024 x 768" yang berarti notebook yang saya gunakan resolusinya tidak mencukupi standar resolusi windows 8.
Akhirnya saya mencoba mencoba mencari solusinya dan ahirnya bisa juga. Sekarang saya akan share cara mengatasinya :
1. Jalankan Regedit
Dari Layar 8 Start Windows, hanya mulai mengetik "regedit" tanpa tanda kutip.



Editor Registry muncul di sisi kiri layar. Tekan untuk memulai regedit.
2. Sesuaikan pengaturan Display1_DownScalingSupported
Tekan Ctrl + F tombol pada keyboard untuk memunculkan kotak pencarian, dan mencari"Display1_DownScalingSupported" tanpa tanda kutip.
Setelah komputer sobat menemukan entri tersebut, klik dua kali pada "Value Data" ganti angka 0menjadi angka 1 kemudian Ok.



3. Reboot komputer "Pc" sobat
4. Sesuaikan resolusi layar sobat
Setelah restart komputer sobat, klik tombol Desktop dari Layar Start, klik kanan pada desktop, lalu pilih"Resolusi layar" dari menu konteks.
Pada kotak drop-down Resolusi Pc ,sobat akan melihat opsi baru termasuk "1152 x 864" dan "1024 x 768". Pilih salah satu dari opsi-opsi baru.



Selesai sekarang semua aplikasi bawaan windows 8 yang tidak bisa dibuka menjadi bisa dibuka semua. Sekian tutorial dari admin Ns dan mudah-mudahan bisa membantu sahabat Ns yang mengalami masalah seperti ini.
Catatan :
 • Jika sobat tidak menemukan "Display1_DownScalingSupported" pada "Regedit" , maka sebaiknya sobat check apakan Driver VGA sudah terinstal atou belum ?, kalou belum sobat bisa update windowsnya terlebihdulu biar dapat VGA nya atou dengan VGA windows 7 jugak bisa soob hehehe..

selamat mencoba: SALAM SUKSES :)

0 komentar:

Post a Comment