Sunday 24 January 2016

Pengertian System Informasi

Selamat datang sobat blogger, apa kalian tau apa sih Pengertian System Informasi???
Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu sytem dan apa itu informasi, silahkan dibaca:
 Pengertian System
System adalah suatu kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang disebut subsistem yang saling berkaitan dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem merupakan sekumpulan komponen yang saling berelasi untuk mencapai tujuan dengan menerima masukan dan menghasilkan keluaran melalui proses transformasi yang terorganisasi.
Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata, seperti tempat, benda dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.
Pengertian Informasi
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data-item. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian dan kesatuan nyata.
Kualitas dari suatu informasi tergantung dari 3 (tiga) hal yaitu sebagai berikut :
a. Akurat (accurate)
Informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak boleh menyesatkan. Akurat juga berarti bahwa informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.
b. Tepat waktu (timelines)
Informasi yang sampai pada penerima tidak boleh tertunda. Informasi yang sudah usang nilainya akan berkurang. Karena informasi merupakan landasan didalam pengambilan suatu keputusan.
c. Relevan (relevance)
Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk penggunanya. Relevansi informasi untuk setiap orang, satu dan lainnya pasti berbeda.
Pengertian System Informasi
Sistem informasi adalah penggabungan dari hardware, software, jaringan komputer dan sumber data yang mampu mengumpulkan, mengubah dan membagikan informasi yang dihasilkan.
Dari beberapa definisi tersebut, dapat ambil kesimpulan bahwa pengertian sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan erat antara satu dengan lainya untuk mencapai tujuan bersama sama.

Subsistem sebenarnya hanyalah sistem di dalam suatu sistem atau system dalam system, sebagai contoh, pesawat terbang adalah suatu sistem yang terdiri dari sistem-sistem bawahan seperti mesin, sistem badan pesawat dan sistem rangka. Masing-masing sistem ini terdiri dari sistem tingkat yang lebih rendah lagi, misal sistem mesin adalah kombinasi dari sistem karburator, sistem bahan bakar dan seterusnya. Istilah subsistem digunakan untuk memudahkan analisis dan pengkomunikasian.

Manfaat adanya sistem informasi dalam sebuah instansi adalah :
a. Menyajikan informasi guna mendukung pengambilan suatu keputusan.
b. Menyajikan informasi guna mendukung operasi harian.

c. Menyajikan informasi yang berkenaan dengan kepengurusan
Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat semua,
SALAM SUKSES

0 komentar:

Post a Comment