Sunday 24 January 2016

Perbedaan Organisasi Komputer Dengan Arsitektur Komputer

Komputer adalah kebutuhan wajib bagi masyarakat dalam pendidikan, khususnya bagi mahasiswa, kali Ini saya akan menjelaskan Perbedaan Organisasi Komputer vs Arsitektur Komputer. Langsung dibaca aja ya. 
Arsitektur Komputer yaitu membahas hal-hal yang berkaitan dengan atribut-atribut yang terlihat atau yang dipertimbangkan oleh pemogram dan yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Dengan kata lain arsitektur computer membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan fungsi komponen-komponen computer.
Contoh atribut arsitektural adalah :
ü  Set instruksi
ü  Representasi data atau jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan jenis data (missal:bilangan, karakter, dll)
ü  Mekanisme input/output (I/O)
ü  Teknik Pengalamatan memori
Perbedaan Organisasi Komputer Dengan Arsitektur Komputer
Organisasi Komputer yaitu membahas bagaimana semua fungsi-fungsi computer tersebut dapat diimplementasikan. Maka, organisasi computer membahas hal-hal yang berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. Dengan kata lain, organisasi computer membahas tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan struktur pada sebuah computer.
Contoh: apakah suatu computer yang memiliki instruksi perkalian merupakan masalah pada rancangan arsitektural. Apakah persoalan organisasional Dimana instruksi itu akan diimplementasikan dengan unit pengali khusus atau dengan dengan suatu mekanisme yang menggunakan pengulangan dari penambahan unit system merupakan hal organisasional. Keputusan organisasional mungkin didasarkan sebagai antisipasi dari penggunaan intruksi perkalian, kecepatan relative dari dua buah pendekatan dan harga, serta ukuran fisik dari unit perkalian khusus.
Dalam sebuah kelompok komputer yang disebut mikrokontroler, hubungan antara arsitektur dan organisasi sangatlah mirip dan tidak jauh beda. Perubahan teknologi tidak hanya mempengaruhi organisasi tetapi juga membawa dampak dalam pengenalan kekuatan dan arsitektur yang lebih kompleks.
Memang keduanya tidaklah jauh beda jika dilihat dari fungsi dan tujuanya, Karena pada dasarnya kinerja pada sebuah komputer sangatlah berhubungan antara satu dengan yang lain demi mencapai tujuan yang sama.

Semoga Bermanfaat, Salam Sukses

0 komentar:

Post a Comment