PENGEMBANGAN PERANGKAT
PEMBELAJARAN STATISTIKA DASAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE
PROBLEM BASED LEARNING
Amalia Fitri
ABSTRACK
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat
pembelajaran yang bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan proses pengembangan dan
menghasilkanperangkat pembelajaran yang valid yang bermuatan pendidikan
karakter padapembelajaran Statistika Dasar dengan menggunakan metode Problem
Based Learning(2) untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan
perangkat yang bermuatan pendidikan karakter pada pembelajaran Statistika Dasar
dengan menggunakan metode Problem Based Learning efektif. Perangkat ini
dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Ploom.Variabel independen
pada penelitian ini adalah motivasi dan keterampilan proses, sedangkan variabel
dependennya adalah kemampuan pemecahan masalah. Prosespengembangan perangkat
ini dapat menghasilkan perangkat yang valid dan pembelajaran
yang dilakukan dengan menggunakan perangkat ini pun efektif.
yang dilakukan dengan menggunakan perangkat ini pun efektif.
PENDAHULUAN
Statistika merupakan materi yang dipergunakan dalam berbagai
bidang. Meskipun demikian mahasiswa masih belum terlalu tertarik untuk
mengikuti pembelajaran tersebut. Hal ini dijelaskan oleh Shi (2009: 7)bahwa
salah satu penyebab peserta didik kurang tertarik terhadap Statistika
dikarenakan Statistika masih diajarkan secara teoretis dan kurang terhubung ke
dunia nyata. Dengan demikian para peserta didik tidakmengetahui aplikasi pada
tiap-tiap materi tersebut. Selain itu pada pembelajaran Statistika, format
kuliah tradisional dan model transfer pengetahuan masih tetap menjadi metode andalan
(Leibman, 2010: 15). Hal ini semakin menurunkan motivasi mahasiswa untuk
mempelajari Statistika . Lebih lanjut dijelaskan oleh Leibman (2010: 4) bahwa
dalam mempelajari suatu pengetahuan seharusnya dihubungkan dengan dunia nyata
serta dijelaskan bagaimana aplikasinya. Tanpa adanya hal tersebut, dapat
menyebabkan minimnya motivasi belajar. Hal ini berdampak pada prestasi belajar
mereka terutama pada kemampuan pemecahan masalah yanghasil pengembangan
perangkat pembelajaran yang bermuatan pendidikan karakter dengan metode Problem
Based Learning pada mata kuliah Statistika Dasar yang valid?; (2)
Apakahpembelajaran yang memanfaatkan perangkat pembelajaran yang bermuatan
pendidikan karakter dengan metode ProblemBased Learning pada mata kuliah
Statistika Dasar efektif? Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan
dari penelitian ini anatara lain: (1)Untuk mendapatkan hasil pengembangan perangkat
pembelajaran yang bermuatan pendidikan karakter dengan metode Problem Based
Learning pada mata kuliah Statistika Dasar yang valid; (2) Untuk mengetahui
apakah pembelajaran yang memanfaatkan perangkat pembelajaran yang bermuatan
pendidikan karakter dengan metode Problem Based Learning pada mata
kuliah Statistika Dasar efektif.
METODE PENELITIAN
Rancangan uji coba perangkat yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian eksperimen, rancangan uji coba perangkat (Ruseffendi 1994:
46) dapat dilihat pada
Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi :
1.
Analisis
data validasi ahli;
2.
Analisis
data motivasi peserta didik;
3.
nalisis
data keterampilan proses peserta didik;
4.
Analisis
data uji coba tes kemampuan pemecahan masalah meliputi :
a)
validitas,
b)
Reliabilitas
d)
daya
beda.
5.
Analisis
data awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas yang bertujuan untuk
mengetahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kondisi yang sama
6.
Analisis
data akhir meliputi uji ketuntasan belajar, uji pengaruh serta uji banding.
HASIL
PENELITIAN
Hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang
memuat Pendidikan karakter Statistika Dasar yang menggunakan metode Problem Based
Learning dengan menggunakan teori pengembangan Ploom yang dimulai dari fase
investigasi awal, dilanjutkan dengan fase desain, fase realisasi/konstruksi,
fase tes, evaluasi, dan revisi,serta yang terakhir adalah fase
implementasi.Padapenelitian ini, perangkat pembelajaran yang dikembangkan
meliputi : (1) silabus, (2) SAP, (3) bahan ajar. Perangkat yang telah disusun
pada tahap realisasi/konstruksi merupakan draft I yang selanjutnya divalidasi
oleh beberapa validator/ahli. Dari validator diperoleh beberapa revisi. Hasil
revisi ini menghasilkan draft IIyang valid menurut para validator.
Setelah diperoleh draft II selanjutnya perangkat tersebut di ujicobakan. Hasil
analisis data uji ketuntasan klasikal menggunakan One Sample Test dan diperoleh
hasil seperti yang dapat dilihat pada Tabel 1 berikut. Berdasarkan tabel
diatas, diperoleh nilai sig adalah 0,001 atau 1%. Dari hasil tersebut
terlihat bahwa H0 ditolak sehingga rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan
masalah tidak sama dengan 70. Selanjutnya untuk mengetahui bahwa nilai
rata-rata ketuntasankelas uji coba perangkat lebih dari 70 dilihat dari Tabel
2.
PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil validasi terhadap perangkat pembelajaran yang
dikembangkan maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang
dikembangkan telah memenuhi kriteria valid yaitu validitas isi dan validitas
konstruk. Berdasarkan hasil uji coba perangkat pembelajaran, diperoleh
rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah mencapai kriteria ketuntasan
minimum yaitu sebesar 70. Selain itu, dilakukan uji proporsi untuk mengetahui tingkat
ketuntasan peserta didik secara individual lebih dari 75 % dari keseluruhan
peserta didik yang mengikuti tes.
DAFTAR
PUSTAKA
Ali, Zulfiqar dkk. 2011. Motivation and student’s behavior : A
tertiary level study. International Journal of Psychology and Counselling, Vol
3 (2), pp 29-32.
Ali, Riasat dkk. 2011. The Impact of Motivation on Student’s
Academic Achievement in Mathematics in Problem Based Learning Environment. Inetrnational
Journal of AcademicReasearch Vol 3 No 1, 306 – 309.
Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach. Yogjakarta:
Pustaka Belajar.
Leibman, Zipora. 2010. Integrating RealLife Data Analysis in
Teaching Descriptive Statistics: A Constructivist Approach. Journal of Statistic
Education. 18, (1). www.amstat.org/publications/jse/v18
n1/libman.pdf
Muslikhah. 2007. Efektivitas PembelajaranMatematika dengan
Model Heroikdan Turnamen Materi Turunan KelasXI. Tesis Semarang: Program
Pascasarjana.
Ruseffendi, E.T. 1994. Dasar-dasarPenelitian Pendidikan dan
BidangNon-Eksakta lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.
Savery, John R. 2006. Overview of Problembased Learning:
Definitions and Distinctions. The Interdisciplinary Journal of Problem based
Learning. volume 1, no. 1 (Spring 2006). 9-20.
Shi.Ning-zhong. 2009. Understanding Statistics and Statistiscs
Education:A Chinese Perspektive. Journal of Statisticeducation. 17 (3),
(1-8). www.amstat.org/publications/jse/v18
n1/libman.pdf
Sunoto, U. 2002. Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode
Penemuan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 2c: Penelitian
Tindakan Kelas Di Smp N 3 Larangan. Jurnal Matematika danPembelajaran, tahun
VIII, Edisi khusus, Juli 2002.
Tella, Adedeji. 2007. The Impact of Motivation on Student’s
Academik Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School
Students in Nigeria. EurasiaJournal of Mathematics, Science&Technology
Education. 3(2), 149-156.
0 komentar:
Post a Comment