Saturday 23 January 2016

Review jurnal

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STATISTIKA DASAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING
Amalia Fitri
ABSTRACK
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkanperangkat pembelajaran yang valid yang bermuatan pendidikan karakter padapembelajaran Statistika Dasar dengan menggunakan metode Problem Based Learning(2) untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang bermuatan pendidikan karakter pada pembelajaran Statistika Dasar dengan menggunakan metode Problem Based Learning efektif. Perangkat ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Ploom.Variabel independen pada penelitian ini adalah motivasi dan keterampilan proses, sedangkan variabel dependennya adalah kemampuan pemecahan masalah. Prosespengembangan perangkat ini dapat menghasilkan perangkat yang valid dan pembelajaran
yang dilakukan dengan menggunakan perangkat ini pun efektif.
PENDAHULUAN
Statistika merupakan materi yang dipergunakan dalam berbagai bidang. Meskipun demikian mahasiswa masih belum terlalu tertarik untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Hal ini dijelaskan oleh Shi (2009: 7)bahwa salah satu penyebab peserta didik kurang tertarik terhadap Statistika dikarenakan Statistika masih diajarkan secara teoretis dan kurang terhubung ke dunia nyata. Dengan demikian para peserta didik tidakmengetahui aplikasi pada tiap-tiap materi tersebut. Selain itu pada pembelajaran Statistika, format kuliah tradisional dan model transfer pengetahuan masih tetap menjadi metode andalan (Leibman, 2010: 15). Hal ini semakin menurunkan motivasi mahasiswa untuk mempelajari Statistika . Lebih lanjut dijelaskan oleh Leibman (2010: 4) bahwa dalam mempelajari suatu pengetahuan seharusnya dihubungkan dengan dunia nyata serta dijelaskan bagaimana aplikasinya. Tanpa adanya hal tersebut, dapat menyebabkan minimnya motivasi belajar. Hal ini berdampak pada prestasi belajar mereka terutama pada kemampuan pemecahan masalah yanghasil pengembangan perangkat pembelajaran yang bermuatan pendidikan karakter dengan metode Problem Based Learning pada mata kuliah Statistika Dasar yang valid?; (2) Apakahpembelajaran yang memanfaatkan perangkat pembelajaran yang bermuatan pendidikan karakter dengan metode ProblemBased Learning pada mata kuliah Statistika Dasar efektif? Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini anatara lain: (1)Untuk mendapatkan hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang bermuatan pendidikan karakter dengan metode Problem Based Learning pada mata kuliah Statistika Dasar yang valid; (2) Untuk mengetahui apakah pembelajaran yang memanfaatkan perangkat pembelajaran yang bermuatan pendidikan karakter dengan metode Problem Based Learning pada mata kuliah Statistika Dasar efektif.
METODE PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu pengembangan perangkat pembelajaran yang bermuatan pendidikan karakter dengan metode ProblemBased Learning pada mata kuliah Statistika Dasar. Sebuah perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, motivasi dan ketrampilan proses mahasiswa pada pada mata kuliah Statistika dasar dan pengukuran perangkat tersebut memenuhi kriteria valid. Selain itu pembelajaran dengan perangkattersebut memenuhi kriteria efektif. Perangkatyang dikembangkan meliputi Silabus, SAP, dan Bahan ajar. Pengembangkan perangkat pembelajaran ini mengacu kepada Model Pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase antara lain: investigasi awal (prelimenary investigasi), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), dan fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan implementasi (implementation). Namun, dalam penelitian ini hanya terbatas sampai fase tes, evaluasi danrevisi saja. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Matematika yang mempunyai empat kelas dengan jumlah 130 peserta didik, yang terinci. Sampel dalam penelitianini terdiri dari peserta didik yang berada dalam satu kelas yang ditentukan secara acak (random sampling) dari empat kelas yang ada. Dengan cara memberikan pretest sebelumnya sehingga diperoleh nilai awal untuk menentukan bahwa sampel penelitian berasal dari kondisi yang sama atau homogen. Setelah itu kita dapat memilih secara acak dua kelas sampel yaitu 1 kelas sebagai kelas ekperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol.
Rancangan uji coba perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, rancangan uji coba perangkat (Ruseffendi 1994: 46) dapat dilihat pada
Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi :
1.      Analisis data validasi ahli;
2.      Analisis data motivasi peserta didik;
3.      nalisis data keterampilan proses peserta didik;
4.      Analisis data uji coba tes kemampuan pemecahan masalah meliputi :
a)      validitas,
b)      Reliabilitas
c)      taraf kesukaran
d)     daya beda.
5.      Analisis data awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas yang bertujuan untuk mengetahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kondisi yang sama
6.      Analisis data akhir meliputi uji ketuntasan belajar, uji pengaruh serta uji banding.
HASIL PENELITIAN
Hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang memuat Pendidikan karakter Statistika Dasar yang menggunakan metode Problem Based Learning dengan menggunakan teori pengembangan Ploom yang dimulai dari fase investigasi awal, dilanjutkan dengan fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi, dan revisi,serta yang terakhir adalah fase implementasi.Padapenelitian ini, perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi : (1) silabus, (2) SAP, (3) bahan ajar. Perangkat yang telah disusun pada tahap realisasi/konstruksi merupakan draft I yang selanjutnya divalidasi oleh beberapa validator/ahli. Dari validator diperoleh beberapa revisi. Hasil revisi ini menghasilkan draft IIyang valid menurut para validator. Setelah diperoleh draft II selanjutnya perangkat tersebut di ujicobakan. Hasil analisis data uji ketuntasan klasikal menggunakan One Sample Test dan diperoleh hasil seperti yang dapat dilihat pada Tabel 1 berikut. Berdasarkan tabel diatas, diperoleh nilai sig adalah 0,001 atau 1%. Dari hasil tersebut terlihat bahwa H0 ditolak sehingga rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah tidak sama dengan 70. Selanjutnya untuk mengetahui bahwa nilai rata-rata ketuntasankelas uji coba perangkat lebih dari 70 dilihat dari Tabel 2.
PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil validasi terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid yaitu validitas isi dan validitas konstruk. Berdasarkan hasil uji coba perangkat pembelajaran, diperoleh rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah mencapai kriteria ketuntasan minimum yaitu sebesar 70. Selain itu, dilakukan uji proporsi untuk mengetahui tingkat ketuntasan peserta didik secara individual lebih dari 75 % dari keseluruhan peserta didik yang mengikuti tes.
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Zulfiqar dkk. 2011. Motivation and student’s behavior : A tertiary level study. International Journal of Psychology and Counselling, Vol 3 (2), pp 29-32.
Ali, Riasat dkk. 2011. The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement in Mathematics in Problem Based Learning Environment. Inetrnational Journal of AcademicReasearch Vol 3 No 1, 306 – 309.
Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach. Yogjakarta: Pustaka Belajar.
Leibman, Zipora. 2010. Integrating RealLife Data Analysis in Teaching Descriptive Statistics: A Constructivist Approach. Journal of Statistic Education. 18, (1). www.amstat.org/publications/jse/v18 n1/libman.pdf
Muslikhah. 2007. Efektivitas PembelajaranMatematika dengan Model Heroikdan Turnamen Materi Turunan KelasXI. Tesis Semarang: Program Pascasarjana.
Ruseffendi, E.T. 1994. Dasar-dasarPenelitian Pendidikan dan BidangNon-Eksakta lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.
Savery, John R. 2006. Overview of Problembased Learning: Definitions and Distinctions. The Interdisciplinary Journal of Problem based Learning. volume 1, no. 1 (Spring 2006). 9-20.
Shi.Ning-zhong. 2009. Understanding Statistics and Statistiscs Education:A Chinese Perspektive. Journal of Statisticeducation. 17 (3), (1-8). www.amstat.org/publications/jse/v18 n1/libman.pdf
Sunoto, U. 2002. Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode Penemuan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 2c: Penelitian Tindakan Kelas Di Smp N 3 Larangan. Jurnal Matematika danPembelajaran, tahun VIII, Edisi khusus, Juli 2002.

Tella, Adedeji. 2007. The Impact of Motivation on Student’s Academik Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria. EurasiaJournal of Mathematics, Science&Technology Education. 3(2), 149-156.

0 komentar:

Post a Comment